Brief Bio (Indonesian)

Bio Singkat Avanti Fontana
avanti[at]ciptainovasi.com

IWC

AF Foto

Avanti Fontana menekuni bidang strategi dan manajemen inovasi sejak tahun 1997. Dosen tetap Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia ini memfasilitasi kelas-kelas Manajemen, Inovasi & Kewirausahaan, Strategi Manajemen, Seminar Strategi Inovasi & Kewirausahaan, dan Desain Organisasi. Ia peneliti strategi dan manajemen inovasi dan mempromotori mahasiswa doktoral yang meneliti fenomena dan persoalan dalam area strategi dan manajemen inovasi.
Publikasinya dapat diakses dalam rupa buku dan artikel serta berita media. Innovate We Can! merupakan buku tentang strategi dan manajemen inovasi yang ia tulis dan terbit perdana pada tahun 2009.

Avanti berpengalaman memfasilitasi workshop-workshop inovasi di lingkungan organisasi bisnis dan pemerintahan serta komunitas.
Workshop ini ia kembangkan bersama tim dengan platform The Practice & Art of Innovation. Ia juga mendesain program-program Penilaian Inovasi dan Penghargaan Inovasi (Innovation Award) untuk organisasi bisnis dan organisasi non-bisnis termasuk organisasi militer, serta menjadi juri dalam program-program Penghargaan Inovasi dan Kewirausahaan.

Avanti Fontana memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada tahun 1995 dengan karya akhir mengupas pembangunan sektor finansial dan pertumbuhan ekonomi Indonesia 1970-1994. Avanti, penerima beasiswa Pemerintah Perancis, melanjutkan studi master dan doktoralnya di Perancis dalam periode 1997-2003. Ia memperoleh gelar master (DEA) dalam bidang Strategi & Manajemen dari Universitas Paris X Nanterre (program kerja sama dengan Ecoles des Sciences Economiques et Commerciales/ESSEC Economics & Business School Paris dan HEC Paris). Gelar doktor dalam Ilmu Manajemen ia peroleh dari Universitas Aix-Marseille III/Paul Cezanne (program doktoral kerja sama IAE Aix-en-Provence/ESSEC). Disertasinya mengangkat pentingnya membuat desain organisasi yang kondusif untuk integrasi lintas fungsi dalam pelaksanaan strategi dan manajemen inovasi produk.

Avanti Fontana mengikuti Program Pendidikan Reguler Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI Angkatan ke-50 pada tahun 2013 dan lulus dengan penghargaan Wibawa Seroja Nugraha. Karya tulisnya membahas soal dan solusi dalam meningkatkan peran sistem inovasi nasional guna meningkatkan daya saing bangsa dalam rangka ketahanan nasional. Avanti terlibat sebagai fasilitator dalam program pendidikan dan pengkajian di Lemhannas RI dalam area Sistem Manajemen Nasional (Sismennas), 2014-2016.

Avanti Fontana adalah tim pendiri Center for Innovation Studies pada 2004 yang menjadi awal lahirnya CIS School of Innovation pada 2010. CIS menyebarluaskan produk-produk workshop dan konsultansi inovasi dengan platform The Practice & Art of Innovation dan Innovation Award.
Tim pendiri Planet Inovasi, yayasan yang diresmikan pada 9 Januari 2014 ini, juga aktif sebagai fasilitator inovasi dalam program-program pendampingan inovasi bagi kaum muda. Planet Inovasi telah menyebarluaskan antara lain produk Workshop Inovasi Kebangsaan, Cerita Inovasi Tanah Air (CINTA) Indonesia, dan Diskusi Panel Inovasi Nasional dengan target peserta masing-masing: para pemuda usia 16-30 tahun, Pengurus OSIS setingkat SLTA, dan para pengambil keputusan dalam sistem inovasi nasional Indonesia. Warna lain dalam kegiatannya, Avanti mendampingi putrinya dalam belajar musik biola dan piano dengan pendekatan pendidikan talenta Metode Suzuki.

©AvantiFontana.com, Jakarta 6 Januari 2016
Kontak Manajemen: Workshop[at]ciptainovasi[dot]com/08118022099/08119849105
*V14FEB2017

AF Twitter

© 2017 avantifontana.com. Powered by Wordpress.