ANUGERAH BUMN 2012
“INOVASI UNTUK OPTIMALISASI KONTRIBUSI”
Penyelenggara BUMN Track bekerja sama dengan CIS School of Innovation®

Perspektif Penghargaan Inovasi, Kategori Inovasi, dan Panduan Seleksi*
Jakarta, Selasa 9 Oktober 2012

I. Inovasi adalah keberhasilan secara sosial dan ekonomi karena diperkenalkannya cara baru atau kombinasi baru dari cara lama dalam mengubah input menjadi output sedemikian rupa sehingga dihasilkan perubahan kuantum dalam perbandingan antara nilai manfaat dan harga menurut persepsi konsumen dan/atau pengguna (Fontana 2009, 2010, 2011). Dalam definisi itu, inovasi dapat dilihat sebagai hasil transformasi yang baru dan/atau hasil perbaikan dari yang sudah ada.
• Inovasi-inovasi yang dilakukan merupakan hasil penciptaan atau penemuan baru atau hasil pengembangan dari yang sudah ada. Intinya adalah bahwa inovasi yang dihasilkan menciptakan kebaruan-kebaruan dalam nilai-nilai manfaat bagi konsumen dan/atau pengguna atau masyarakat.

II. Keberhasilan atau kinerja inovasi dilihat dari sisi ekonomi dan sosial: bahwa para inovator menciptakan surplus produsen (pendekatan untuk kinerja ekonomi) dan surplus konsumen (pendekatan untuk kinerja sosial). Sebelum kinerja ekonomi dan sosial dicapai, para inovator menghasilkan kinerja teknis (keberhasilan mengubah ide atau gagasan menjadi produk, layanan, program, teknik, sistem, dan lain-lain) dan kinerja komersial atau kinerja difusi (kemampuan menyebarkan hasil pengembangan ide atau gagasan dalam rupa “produk” atau barang atau jasa kepada para pengguna atau masyarakat luas atau pasar). Berdasarkan pada kriteria keberhasilan tersebut, penilaian keberhasilan inovasi perlu dilihat dalam kurun waktu tertentu.

III. Fakta menunjukkan bahwa inovasi memainkan peran penting dalam membangun pertumbuhan dan keunggulan perusahaan, industri, wilayah, dan Negara. Inovasi terkait erat tidak saja dengan pertumbuhan ekonomi tetapi juga dengan penciptaan lapangan kerja, kesejahteraan dan kemakmuran. Pada tingkat perusahaan inovasi dikaitkan dengan kinerja ekonomi dan keunggulan daya saing serta kinerja sosial.

IV. Pendekatan Innovation Award perlu dilaksanakan secara komprehensif dan mengukur INPUT, PROSES dan utamanya OUTPUT inovasi, dalam bentuk dampak yang diciptakan atau ukuran keberhasilan inovasi secara ekonomi dan sosial menurut kategori-kategori inovasi tertentu. Kategori inovasi yang dirancang perlu disesuaikan dengan konteks organisasi perusahaan. CIS merujuk pada istilah Kompas Inovasi atau Radar Inovasi, yang antara lain mencakup kategori inovasi: Manajemen, Model Bisnis, Produk, Konsumen/Pengguna/Pasar, Teknologi, Pemasaran, Rantai Pasokan, Pengalaman Konsumen, Tanggung Jawab Sosial Korporat, dll.

Penyusun,
Avanti Fontana for CIS School of Innovation®

*Cuplikan panduan ada yang memposting via Internet. Seperti contoh www.PTPN10.com.