AFQ 1st Season

13. Innovation & MSMEs in Indonesia

0 Comments 19 May 2010

Episode AFQ XIII telah ditayangkan di QTV The Channel for Decision Makers (FirstMedia Saluran 22) pada Selasa 11 Mei jam 22-23 WIB dan Rabu 12 Mei jam 12-13 WIB. Tayangan ini dapat diakses via www.qchannel.tv (video on demand) dan mobile TV.

Episode kali ini mengangkat tema INOVASI & UMKM INDONESIA.

INOVASI didefinisikan sebagai keberhasilan secara sosial dan ekonomi karena diperkenalkannya cara baru atau kombinasi baru dari cara lama dalam mengubah input menjadi output sedemikian rupa sehingga dihasilkan perubahan besar dalam perbandingan antara nilai manfaat dan harga menurut persepsi konsumen dan/atau pengguna (lihat Fontana 2009). INOVASI erat kaitannya dengan KEWIRAUSAHAAN. Peter Drucker dalam bukunya Innovation & Entrepreneurship (HarperCollins 1985) menggarisbawahi praktik dan prinsip inovasi serta praktik dan prinsip kewirausahaan. Inovasi merupakan instrumen spesifik para wirausaha, cara dengan apa para wirausaha mengeksploitasi perubahan sebagai peluang untuk membangun usaha atau bisnis yang berbeda atau jasa yang berbeda. Inovasi dapat disajikan sebagai disiplin, dapat dipelajari, dapat dipraktikkan. Para wirausaha harus mencari dengan bertujuan, dengan sengaja sumber-sumber inovasi, perubahan, dan gejala-gejala yang menunjukkan peluang untuk inovasi yang berhasil. Dan mereka, para wirausaha perlu mengetahui dan menerapkan prinsip-prinsip inovasi yang berhasil (lihat Drucker 1985: 19). Sejauh mana praktik inovasi di sektor UMKM di Indonesia? Model pendampingan yang bagaimana yang cocok?

AFQ Episode XIII ini menghadirkan tiga narasumber: Ibu Endang TR, pendamping UMKM dalam Lembaga Intermediasi Pusat Inovasi UMKM. Awal 2010 Endang TR menginisiasi pendirian PT 3 RetailSmart, perusahaan yang berdedikasi mendampingi produk konsumen UMKM menuju Retail Modern, domestik maupun Global. Bapak Utama Padmadinata, Deputi Kepala BPPT – Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi, (2005- sekarang), Ketua Tim Pelaksana Pusat Inovasi UMKM (2008- sekarang). Dan Ibu Nining I Soesilo, Ketua UKM Center Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Episode XIII ini mengakhiri AVANTI FONTANA ON Q Bagian I. Kami mengucapkan banyak terima kasih atas feedback yang Pemirsa sampaikan lewat blog ini.

(c) May 2010. Avanti Fontana for AFQ. All Rights Reserved. [AFQ-AY]

Ads! FORTHCOMING: Workshop on Innovation (”PRACTICAL INNOVATION”) facilitated by Avanti Fontana, JAKARTA 26-27 May 2010. Contact INFO & REGISTRATION: Nana at 0818 0250 0074; 0815 8963 889.

Saksikan tayangan berikutnya pada Program AVANTI FONTANA ON Q Bagian II dengan desain siaran lebih menarik dan inspiratif di QTV FirstMedia Saluran 22 mulai 3 Juni 2010.

Iklankan dan Promosikan Produk Anda pada Program ini.
Info tindak lanjut: 0813-1862-1970 atau imed[at]avantifontana.com.

- who has written 182 posts on avantifontana.com.

Author "Innovate We Can!" Manajemen Inovasi dan Penciptaan Nilai (Gramedia Widiasarana Indonesia, 2009), Facilitator & Coach for Innovation, Pemerhati dan Periset Bidang Manajemen Inovasi (Universitas Indonesia).

Contact the author

Share your view

Post a comment

AF Twitter

© 2014 avantifontana.com. Powered by Wordpress.