Articleship

Inovasi dalam Pendidikan Bisnis & Manajemen

4 Comments 13 January 2008

Rujuk pada definisi inovasi sebagai proses penciptaan nilai yang substansial bagi yang ditargetkan (konsumen, pasar, pengguna, stakeholders organisasi dalam arti luas), inovasi pun sudah banyak dilakukan dalam bidang pendidikan bisnis/manajemen. Institusi pendidikan dan pelatihan mengubah sistem pendidikan/pelatihan atau mengubah metode pembelajaran atau isi pembelajaran untuk meningkatkan nilai guna yang diperoleh dan dirasakan oleh para siswa termasuk pengajar/fasilitator dan oleh stakeholders lain seperti perusahaan yang merekrut lulusan sekolah-sekolah bisnis. Proses inovasi ini tidak lepas dari adanya keterkaitan erat antara perusahaan, praktisi bisnis dan sekolah-sekolah serta para lulusan sekolah bisnis/manajemen. Proses ini dan keberhasilannya tidak lepas dari hasil interaksi dan umpan balik yang diberikan oleh para pembelajar yang notabene merupakan adult learners, para praktisi bahkan pemimpin bisnis yang memutuskan untuk melanjutkan pendidikan atau mengikuti pelatihan-pelatihan bisnis/manajemen. Bagaimana melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan dalam proses inovasi pendidikan dan pelatihan bisnis untuk memecahkan isu adanya kesenjangan antara pendidikan dan praktik bisnis akan menjadi perhatian konferensi EDINEB 2008. Intensi tulisan blog ini: menciptakan dan memulai diskusi tentang inovasi dalam pendidikan bisnis dan manajemen di blog ini. Saya mengharapkan muncul diskusi-diskusi yang dapat membawa pada riset-riset tentang inovasi pendidikan bisnis/manajemen yang dilakukan oleh peminat/pemerhati bidang ini di Indonesia (baik riset individual dan/atau riset dalam tim) dan dalam jangka satu tahun ke depan, kita dapat membagi dan mengkomunikasikan hasil riset tentang inovasi dalam pendidikan bisnis/manajemen ini.

Kali ini saya tampilkan contoh anonsi singkat konferensi EDINEB 2008 bertema Advances in Business Education and Training.
Call for Papers/Abstracts/Submissions
15th Annual International Conference on Advances in Business Education and Training
Website address: http://www.edineb.net/
June 11-13, 2008 Malaga Spain, Barceló Málaga Hotel
Submission Deadline: February 15, 2008

EDINEB menekankan pada penelitian pendidikan dengan fokus pada menjembatani pendidikan
bisnis dan praktik bisnis dan membangun semangat membagi pengalaman dan pengetahuan tentang inovasi. Konferensi EDINEB 2008 merupakan forum diskusi antara para praktisi bisnis, edukator, fasilitator dan peneliti tentang hasil riset terbaru tentang inovasi dalam pendidikan bisnis/manajemen. Sesi-sesi konferensi didedikasikan pada ekspose contoh-contoh terbaik pendidikan dan pelatihan bisnis dan pada penelitian bidang pendidikan yang mengkaji dampak perubahan dalam bidang pendidikan terhadap pembelajaran siswa.
Tema konferensi:
- Tren dan Isu dalam Pendidikan Bisnis
- Perbaikan Metode Pengajaran dan Pengembangan Instrumen Pembelajaran
- Membangun Program Bisnis Baru untuk Mengubah Kebutuhan Global
- Teknologi Baru untuk Pembelajaran
- Solusi untuk Perubahan dalam Pendidikan dan Pelatihan Bisnis
- Mengaitkan Pendidikan Bisnis dan Praktik Bisnis
- Globalisasi dan Dampaknya terhadap Pendidikan dan Pelatihan Bisnis

- who has written 182 posts on avantifontana.com.

Author "Innovate We Can!" Manajemen Inovasi dan Penciptaan Nilai (Gramedia Widiasarana Indonesia, 2009), Facilitator & Coach for Innovation, Pemerhati dan Periset Bidang Manajemen Inovasi (Universitas Indonesia).

Contact the author

Your Comments

4 Comments so far

  1. Pantri Heriyati says:

    Saya sangat setuju bahwa dunia pendidikan Indonesia (terutama saat ini bagi pendidikan tersier) perlu mendapat perlakuan-perlakuan inovatif mengingat tingkat kebutuhan yang tinggi akan output yang semakin berkualitas. Mungkin yang paling penting yang dapat mendorong ‘keinovatifan’ bagi dunia pendidikan adalah dunia praktis–di mana mata rantai antar keduanya tidak dapat dipisahkan. Sayangnya simpul-simpul rantai antar kedua institusi tersebut masih sangat rapuh dan rentan, sehingga perlu dibangun suatu ‘moment’ di mana keduanya sadar akan adanya kebutuhan bersama yang sudah sangat mendesak agar tercipta suatu sinergi sebagai faktor pengungkit bagi kinerja yang lebih baik (atau bahkan jauh lebih baik) bagi kedua institusi. Sebagai contoh, penelitian yang menjadi ‘jantung’ di dunia pendidikan tidak akan berjalan tanpa dukungan dari dunia praktis–sehingga banyak hasil penelitian yang tidak tajam kontribusinya bagi dunia praktis dan terkesan tidak up to date karena tidak menyentuh fenomena atau permasalahan di dunia real–yang pada akhirnya justru semakin menjauhkan dunia praktis dengan dunia pendidikan–demikian seterusnya membentuk mata rantai yang rapuh dan tidak berkesinambungan.

  2. Menarik apa yang Ibu Pantri sampaikan. Dan itu mengingatkan saya pada pembahasan tentang Engaged Scholarship pada Annual Academy of Management Conference 2007 oleh Andrew H Van de Ven (bukunya: Engaged scholarship: A guide for organizational and social research, Oxford University Press, 2007).
    Meningkatkah keterlibatan pihak-pihak yang relevan dalam setiap inisiatif pengembangan pendidikan atau model pendidikan dan dalam eksekusinya perlu dilakukan. Keterlibatan, mau terlibat, dan ingin melibatkan diri dengan berbasis trust atau tingkat kepercayaan yang tinggi dapat menjadi energi yang luarbiasa untuk upaya penciptaan nilai yang substansial dan unik dalam setiap bidang atau aspek kehidupan, termasuk di sini dalam berbicara tentang pengembangan pendidikan bisnis dan manajemen. Dalam bahasan the economics of trust, Stephen MR Covey (The Speed of Trust, 2006:13) menulis: saat tingkat kepercayaan meningkat, kecepatan juga meningkat dan biaya menurun. Kecepatan di sini dapat kita rujuk pada misalnya kecepatan dalam pengambilan keputusan, dalam eksekusi keputusan, evaluasi dll. “Our distrust is very expensive” (Ralph Waldo Emerson).

  3. ENGAGED SCHOLARSHIP
    A book on engaged scholarship (Oxford University Press, 2007) has been written by Prof Andrew H. Van de Ven, Vernon H. Heath Professor of Organizational Innovation and Change, Carlson School of Management, University of Minnesota.

    I have held nine sharing sessions on Engaged Scholarship with FEUI doctoral students in management. Each session referred to each chapter of the book above mentioned. The interaction during the sessions has facilitated students’ understanding of the model and approaches and they can relate more easily with what they are doing in their doctoral research. I’d recommend the book to be used as one of main references in Research Methods in Management & Business.

    Sharing Session on Engaged Scholarship*
    ……D2. Research Approach: Engaged Scholarship (Nine Sessions)
    ……D2.1. Engaged Scholarship in a Professional School
    ……D2.2. Philosophy of Science Underlying Engaged Scholarship
    ……D2.3. Formulating the Research Problem
    ……D2.4. Building a Theory
    ……D2.5. Variance and Process Models
    ……D2.6. Designing Variance Studies
    ……D2.7. Designing Process Studies
    ……D2.8. Communicating and Using Research Knowledge
    ……D2.9. Practicing Engaged Scholarship
    *Reference: Andrew H. Van de Ven. 2007. Engaged scholarship: A guide for organizational and social research. Oxford.


    choice - the magazine of professional coaching


  4. sandrar says:

    Hi! I was surfing and found your blog post… nice! I love your blog. :) Cheers! Sandra. R.


Share your view

Post a comment

AF Twitter

© 2014 avantifontana.com. Powered by Wordpress.